Seseorang bisa mengajukan kredit dengan jaminan bpkb mobil sebagai agunannya. Besar kecilnya tergantung pada jenis kendaraan yang dijaminkan. Dan proses pencairan dana ini tergantung pada kebijakan dari perusahaan keuangan itu sendiri.

Meminjam uang dalam jumlah besar di sebuah perusahaan memang menuntut Anda untuk memberikan jaminan. Adanya jaminan tentunya akan membuat perusahaan lebih mantap dalam memberikan apa yang Anda mau. Perusahaan akan memberikan tenor sesuai yang Anda butuhkan untuk proses pelunasan.

Baca Juga: Gadai BPKB Online, Solusi Keuangan Anda

Ada beberapa tahapan yang perlu dilalui ketika akan melakukan kredit. Di sini, kami akan menunjukkan prosesnya sebagai gambaran singkat untuk memudahkan niatan Anda. Tapi sebelumnya, mari perhatikan apa saja kelebihan dan kekurangannya dari pinjaman dengan jaminan gadai bpkb mobil berikut ini.

Kelebihan & Kekurangan Kredit Dengan  Jaminan BPKB Mobil

Gadai BPKB Mobil

Meminjam uang dengan agunan bpkb nampak sangat mudah. Namun begitu, Anda perlu lebih teliti sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit. Pasalnya, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang terdapat di dalamnya.

  1. Kelebihan Pinjaman Dengan Jaminan BPKB

Mengajukan permohonan pinjaman dengan jaminan memiliki kelebihan tersendiri. Kelebihan dari adanya jaminan bpkb mobil ini ialah memudahkan proses persetujuan pinjaman. Pihak perusahaan tentunya akan memandang agunan ini sebagai bukti/jaminan manakala ingin mengeluarkan uang.

Sebut saja perbankan. Perbankan akan cepat memproses pengajuan seorang peminjam. Jumlah uang yang dipinjam akan disesuaikan dengan jenisnya. Lantas, perbankan akan mempersiapkan beberapa opsi tenor atau lamanya proses peminjaman tersebut.

  1. Kekurangan Pinjaman Dengan Jaminan BPKB

Dibalik kemudahan dalam proses persetujuan, adanya jaminan ini juga mengindikasikan adanya kelemahan. Kelemahan ini harusnya disadari oleh peminjam. Setidaknya, situasinya bisa dicarikan solusinya supaya tidak terbelit dalam utang yang tidak bisa dibayar.

Baca Juga: Gadai BPKB Mobil Pilih Ke Bank Atau MultiFinance?

Kekurangan utamanya terletak pada kehilangan jaminan. Situasi ini terjadi bila peminjam tidak mampu melunasi hutangnya sesuai perjanjian. Dan di sini, pihak perbankan bisa menyita kendaraan dan bisa menjualnya sebagai sarana untuk pelunasan hutang dari peminjam.

Menyadari akan kelebihan dan kekurangannya, seorang peminjam harus benar-benar teliti dalam memperhitungkan keuangannya. Perhitungan ini meliputi kemampuan bayar setiap bulannya. Dengan begitu, resiko kehilangan jaminan akan terhindarkan.

 

Pilih Perbankan Atau Fintech

Persyaratan Pinjaman uang Gadai BPKB

 

Saat ini, Anda memiliki beberapa opsi yang bisa dipilih untuk meminjam uang. Pertama adalah melalui perbankan. Kedua ialah melalui perusahaan keuangan berbasis teknologi.

Baca Juga: Gadai BPKB Mobil Pilih Ke Bank Atau MultiFinance?

Anda bebas menentukannya. Namun perlu diperhatikan, keduanya memiliki keunggulan tersendiri. Ini bisa dilihat dari faktor berikut ini.

  1. Persetujuan

Bicara mengenai persetujuan, perusahaan keuangan non perbankan agaknya lebih mudah. Prosesnya sangat cepat. Dengan catatan, peminjam sudah melengkapi syarat yang dibutuhkan. Contohnya ialah mengajukan kredit dengan nominal besar di https://bprnusa.com/.

Sebaliknya jika mengajukannya di pihak perbankan, prosedurnya lebih panjang. Ketika salah satunya tidak terpenuhi, peminjam akan gagal mencairkan dana.

  1. Keamanan

Sehubungan dengan keamanan, jelas perbankan memiliki tingkat keamanan yang bisa dipertanggung jawabkan. Data diri dari peminjam serta hal-hal lain akan terjaga dengan baiknya. Karena perbankan tahu betul bagaimana cara menjaga kerahasiaan serta kenyamanan setiap nasabahnya.

  1. Besaran Suku Bunga

Sementara untuk suku bunga, perusahaan keuangan di lain perbankan nampaknya membebankan bunga lebih besar. Pembebanan suku bunga tinggi berbanding lurus dengan resiko kehilangan yang diembannya. Apalagi, perusahaan seperti ini biasanya mendapatkan modalnya dari saku.

Berbeda dengan perbankan. Modalnya didapatkan dari banyak sumber. Misalnya dari jutaan nasabah yang menabung.

Proses Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

pinjaman dana gadai bpkb mobil

Mengajukan kredit besar ini tak lepas dari kebutuhan yang sangat mendesak. Ini bisa berupa kebutuhan untuk pembiayaan pengobatan sampai pembiayaan pendidikan anak. Pembiayaan yang menelan biaya sampai puluhan juta rupiah memungkinkan seseorang merasa terbebani sehingga opsinya adalah meminjam dengan gadai bpkb mobil.

Lalu, bagaimana cara Anda dalam mengajukan pinjaman? Berikut ini adalah prosedur yang perlu Anda tempuh.

  1. Persiapkan Berkas

Syarat disetujuinya pinjaman ialah seseorang datang dengan membawa sejumlah berkas yang dibutuhkan. Syarat ini berbeda-beda sesuai dengan kebijakan dari perusahaan keuangan itu sendiri.

Namun normalnya, berkas yang dibutuhkan antara lain fotocopy KTP, KK, dan BPKB kendaraan. Kalau uang ini digunakan untuk membangun usaha, ada tambahan seperti surat ijin usaha. Untuk mempermudahnya, silahkan baca ketentuan dari perusahaan yang akan dimintai bantuan keuangan.

  1. Pengisian Formulir Pengajuan

Prosedur selanjutnya adalah mengisi formulir pengajuan kredit. Kolom seperti nama pengaju, informasi data diri dan nominal pinjaman sesuai tenor juga wajib diisi.

Intinya, informasi yang terdapat di dalam formulir pengajuan perlu diisi sesuai kebutuhan Anda. Setelah itu, barulah Anda memberikannya pada petugas untuk proses konfirmasi.

  1. Pencairan Dana

Ketika perusahaan keuangan mendapatkan formulir yang telah diisi, perusahaan akan melakukan survey. Survey ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan Anda dalam membayar cicilan bulanan.

Baru setelah dianggap sesuai, pencairan dana akan segera dilakukan. Pada situasi ini, jaminan bpkb mobil akan dipegang oleh pihak perusahaan.

 

Yang Perlu Dipahami Tentang Jaminan BPKB

gadai bpkb mobil cepat cair tanpa survey

Begitu mudahnya dalam melakukan peminjaman bukan berarti Anda bisa dengan mudahnya mengajukan permohonan. Anda punya tanggung jawab untuk pelunasan kedepannya. Untuk itulah, Anda sebaiknya memperhatikan kemampuan bayar tanpa mempengaruhi kebutuhan pokok bulanan.

Selain itu, ada beberapa hal yang sebaiknya dipahami ketika hendak mengajukan peminjaman dengan jaminan bpkb mobil. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Besaran Dana Di Bawah Harga Kendaraan

Sebagai peminjam, Anda perlu menaksir terlebih dahulu harga jual kendaraan yang akan dijadikan jaminan. Karena harga kendaraan inilah yang nantinya akan diajadikan acuan mengenai besaran nilai pinjaman.

Anda bisa mencarinya di situs jual beli kendaraan bekas di internet. Dari informasi ini, Anda baru bisa melanjutkan proses peminjaman. Biasanya, besaran pinjamannya ada di bawah harga jualnya. Hal ini disebabkan oleh harga jualnya akan terus menurun setiap tahunnya.

  1. Pencairan Dana Dilakukan Setelah Survey Kendaraan

Perusahaan keuangan tentunya sangat berhati-hati dalam memberikan pinjaman. Perusahaan akan menilai terlebih dahulu jenis kendaraan yang dijaminkan. Caranya dengan melakukan survey terlebih dahulu.

Kalau itu dilakukan oleh perbankan, biasanya pihak perbankan akan mengutus karyawannya untuk datang ke rumah Anda. Proses pengecekan kendaraan akan dilakukan sebagaimana mestinya. Lantas, orang tersebut akan menilai atau menaksir harga jual kendaraan.

Jika harga kendaraan di bawah nilai peminjaman, pengajuan pinjaman akan ditolak. Solusinya, perusahaan keuangan biasanya meminta tambahan benda yang dijadikan agunan. Baru kemudian dana bisa dicairkan.

  1. Peminjam Wajib Teratur Membayar Agar Jaminan Aman

Sebagai peminjam, sudah semestinya Anda disarankan untuk teratur mengangsur cicilan perbulannya. Pengangsuran ini dilakukan untuk kepentingan perusahaan. Besaran biayanya sudah diatur melalui perhitungan sesuai kebijakan.

Ketika peminjam telat melakukan angsuran, biasanya peminjam akan dikenakan denda. Besaran dendanya bervariasi. Tergantung pada kebijakan perusahaan itu sendiri.

Sementara bila peminjam tidak mampu membayar dan melunasi di akhir masa peminjaman, perusahaan keuangan berhak untuk menyita kendaraan. Praktis, jaminan inilah yang akan menjadi sarana pelunasnya.

Kesimpulannya, meminjam uang di perusahaan keuangan terbilang mudah. Prosedurnya singkat dan pencairannya sesuai kebutuhan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memberikan jaminan bpkb mobil serta mengikuti prosedur yang ditetapkan.