Cara bangkit dari kebangkrutan agar bisnis dan usaha segera berjalan kembali karena terlalu lama terpuruk dalam kesedihan malah membuat diri semakin stres bahkan depresi.

Orang yang sejak awal memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha seharusnya sudah memiliki mental pantang menyerah dan juga mengubah pola pikir bahwa pengusaha bisa punya banyak waktu serta uang.

Kenapa harus diubah? Bila anda baru saja memulai bisnis banyak hal yang perlu disiapkan mulai dari perencanaan, modal usaha sampai eksekusi. Perlu banyak waktu untuk mempersiapkan hal-hal tersebut bahkan bisa membuat anda tidak beristirahat seharian.

Baca Juga: Gadai Sertifikat Rumah Bunga Rendah & Cepat Cair (SHM)

Bagi kalian yang mau membangun usaha bersama teman lebih baik tetap harus ada perjanjian hitam diatas putih, mau sebaik apapun rekan anda nanti.

Bagaimana kalau seorang diri? Tetap mulai dari perencanaan sampai eksekusi perlu persiapan matang, malah menurut usaha dan daya tahan yang dibutuhkan lebih tinggi daripada yang berpartner.

Pengertian Kebangkrutan

strategi bangkit dari kebangkrutan

Bangkrut adalah suatu kondisi dimana perusahaan tidak dapat membayar kewajibanya hal ini biasanya dilihat dari laporan keuangan yang dianalisis secara cermat.

Sebelum membahas tentang strategi bangkit dari kebangkrutan ada baiknya kita simak beberapa persiapan sebelum memulai bisnis usaha.

Persiapan Sebelum Memulai Bisnis Sendiri

Berikut adalah 10 persiapan sebelum memulai bisnis yang umum dilakukan pengusaha pemula :

Perbanyak Informasi Mengenai Kompetitor

Bisnis di bidang apa yang mau anda bangun? Startup bidang informasi dan teknologi, kuliner, real estate, bisnis jasa,  fashion, otomotif atau pendidikan?

Baca Juga : Butuh Pinjaman Modal Usaha untuk Keperluan Bisnis? (Proses Cepat)

Setelah itu perbanyak informasi mengenai kompetitor dan cobalah sesekali mencoba produk barang atau jasa perhatikan dari segala sisi mulai dari pelayanan, kemasan, harga, rasa (makanan) dan lokasi juga bisa menjadi bahan pertimbangan.

Pola Pikir Harus Seperti Pengusaha

Pola pikir seorang pengusaha itu sebenarnya bagaimana?

  1. Kegagalan adalah Proses Menuju Kesuksesan
  2. Salah Merupakan Hal Biasa
  3. Jadikan Kompetitor Sebagai “Guru” Bukan Saingan
  4. Tantangan Merupakan Peluang
  5. Ketahui Kemampuan Diri
  6. Percaya Diri
  7. Apresiasi Diri Ketika Berhasil Melakukan Sesuatu
  8. Hindari Overthinking

Melatih Mental Pebisnis

Praktek Praktek dan Praktek mau sebagus apapun ide yang dimiliki kalau tidak segera direalisasikan percuma hanya membuang-buang waktu atau malah ternyata kompetitor kamu sudah berjalan jauh di depan.

Kompetitor 1000 langkah di depan anda karena lebih berani mengambil keputusan dan eksekusi, bisnis apapun tidak ada namanya sempurna 100% pasti ada kesalahan atau “cacat”nya dari kesalahan tersebut kita bisa belajar banyak.

Menguasai Bidang yang ditekuni

Anda sangat menguasai bidang content writer? Bidang tersebut sangat berguna untuk bisnis apapun pembuatan konten menarik agar para calon pengunjung atau pembaca tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Disiplin dan Bertanggung Jawab

Kedisiplinan perlu dilatih sedini mungkin tanpa adanya disiplin, konsisten dan tanggungjawab bisnis anda tidak bertahan lama.

Disiplin mengatur modal usaha dalam hal ini uang, karena modal usaha itu sebenarnya tidak hanya uang saja tetapi karyawan pun bisa termasuk ke dalam modal usaha.

Baca Juga: Pinjaman Uang Online Bunga Rendah & Proses Cepat

Manajemen waktu dan uang yang buruk justru akan membawa kerugian untuk bisnis anda karena menjadi pengusaha pemula akan menghabiskan waktu untuk belajar.

Lebih Berfokus Pada Solusi dibandingkan Alasan

solusi agar perusahaan tidak bangkrut

Fokus terhadap solusi bukan alasan sehingga ketika anda sebagai pemilik usaha menemukan suatu masalah baik itu dari segi pelayanan atau produk langsung terpecahkan dan segera langsung lakukan perbaikan daripada terus beralasan.

Bersedia Bekerja Ekstra

Nah bersedia bekerja ekstra anggapan bahwa menjadi seorang pengusaha langsung sukses dan mempunyai banyak uang, semua itu butuh proses.

Semua anda sendiri yang mengatur lain halnya saat masih menjadi seorang karyawan maka perusahaan yang mengatur seluruh karyawan mulai dari jam kerja, gaji, bonus dan lain-lain.

Jadi untuk menjadi sorang pengusaha memang benar-benar dibutuhkan mental kuat, disiplin kuat serta komitmen tinggi.

Membangun Tim yang Solid

Bekerja sendiri memang terasa sulit untuk itu bangunlah tim yang solid apabila bisnis sudah mulai berkembang, belajarlah untuk membangun relasi karena anda bukan superhero dan berpikir dapat melakukan semua sendiri.

Modal Usaha Tersedia

Melakukan bisnis usaha tanpa modal mungkin saja dilakukan contohnya menjadi dropshipper, namun terdapat keterbatasan ketersediaan produk karena supplier pasti memiliki reseller dan dropshipper dibawahnya.

Kalau anda memang merasa kekurangan modal usaha banyak hal yang bisa dilakukan seperti menjual barang atau gadai aset (BPKB Motor, BPKB Mobil atau SHM).

Baca Juga : Pinjaman Tanpa BI Checking Gadai BPKB Mobil, Motor, SHM

Fokus

Fokus jangan mudah terpengaruh juga menjadi faktor suatu bisnis bisa sukses sampai sekarang, banyak loh orang yang membangun bisnis hanya sekedar ikut-ikutan tanpa persiapan matang.

Bisnis mereka hanya mengikuti jaman sehingga hanya bertahan paling lama 6 bulan setelah itu hilang ditelan waktu.

Evaluasi

Setelah sebulan lakukan evaluasi secara keseluruhan berapa arus kas masuk dan keluar, bahan baku apa yang habis, menu yang paling sering di order, kebersihan toilet, pelayanan hingga perawatan gedung.

Faktor Bisnis Mudah Bangkrut

motivasi bangkit dari kebangkrutan

  1. Kurang Inovasi
  2. Tanpa Perencanaan Matang
  3. Terlalu Berpikir Berlebihan
  4. Takut Rugi Duluan
  5. Dana Sangat Terbatas
  6. Percaya Pada Orang yang Salah
  7. Tidak Mempunyai Analisa Bisnis yang Baik

Strategi Bangkit dari Kebangkrutan

perusahaan yang pernah bangkrut di indonesia

Berikut ini adalah strategi cara bangkit dari kebangkrutan agar bisnis beroperasi kembali :

Menerima Keadaan

Strategi cara bangkit dari kebangkrutan yang pertama ialah menerima keadaan.

Orang sukses siap menerima kegagalan karena tidak semua berjalan lancar pasti ada lika liku untuk membangun dan mempertahankan bisnis.

Karena bila anda tidak dapat menerima keadaan dan langsung terpuruk nanti yang ada depresi sehingga sulit untuk berpikir jernih.

Berpikiran Positif

Selalu berpikiran positif dalam kondisi apapun membuat kondisi mental baik mau sesulit apapun kondisi anda sekarang pasti akan menemukan jalan keluar terbaik.

Mempelajari Kegagalan

Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan, terdapat 2 pilihan anda ingin tetap berpasrah diri atau berusaha memperbaiki kegagalan tersebut? Jika anda mengambil pilihan kedua bergeraklah segera karena waktu tidak bisa diputar kembali.

Mengikuti Perkembangan Zaman

cara mengatasi kebangkrutan

Perkembangan zaman selalu berubah seperti sekarang ini semua serba modern munculnya teknologi gadget dan internet yang memudahkan segala aktifitas semua orang.

Kalau anda hanya berfokus pada penjualan offline siap-siap akan ketinggalan dengan kompetitor mereka sudah menggunakan transkasi online dan menjangkau seluruh pelosok Indonesia.

Mengoptimalkan Jam Kerja

Mengatur ulang jam kerja agar dan produktif jangan lupakan jam istirahat karena mempengaruhi kinerja anda. Lakukan aktifitas menyenangkan ketika ada waktu senggang agar pikiran fresh.

Memulai dari Modal Kecil

Uang pribadi telah habis karena sempat salah perhitungan alhasil bukan untung malah buntung, ada baiknya coba dengan modal kecil perlahan tapi pasti. Mulai dari membuka bisnis dirumah lalu lihat perkembangannya bagaimana, keluarkan segala kemampuan atau keahlian anda.

Stategi bangkit dari kebangkrutan ini dapat bermanfaat asal anda mempunyai komitmen menjalankannya. Anda butuh modal besar? Silahkan ajukan via aplikasi atau chat whatsapp segera.