Trik cerdas agar tidak tertipu rekan bisnis

Trik cerdas agar tidak tertipu rekan bisnis sangat membantu untuk kamu yang mempunyai niat membangun usaha dengan teman, saudara, tetangga atau siapapun.

Sebelumnya kamu harus memisahkan urusan bisnis dan pribadi sehingga kalau ada permasalahan pribadi tidak di campur adukkan.

Kalau kamu punya perasaan mudah tidak enakan sebaiknya hilangkan atau kurangi sebab dapat mempengaruhi performa kerja.

Sedekat apapun kamu dengan rekan kerja yang mana dia juga sahabat dekat ada baiknya ketika berencana membangun usaha bersama persiapkan perjanjian hitam di atas putih agar pembagian jobdesk dan profit lebih jelas. Ketimpangan beban kerja kadang dapat menimbulkan konflik satu sama lain.

Sebelum sampai ke langkah pembagian beban kerja hal penting lainnya yang tak boleh terlupakan bidang usaha dan darimana kalian mendapatkan modal usaha tersebut?

Baca Juga : 10 Cara Cepat Memperoleh Pendanaan untuk Bisnis Kita 

Mau membuka di daerah yang seperti apa, berapa budget untuk membeli perabotan pendukung, biaya sewa (kalau tidak mempunyai tempat sendiri) dan masih banyak lagi.

Tanpa persiapan dan perhitungan matang semua akan berjalan sia-sia ingat jangan membuat usaha yang sekedar mengikuti zaman penting juga memperhatikan kualitas dan pelayanan terhadap konsumen.

Sebab mau seastetik sosial media sebagai media pendukung di zaman sekarang ini tanpa pelayanan yang baik dari pekerja anda malah akan menghasilkan review negatif.

Membranding entah personal branding atau branding usaha sangat berguna untuk menarik perhatian para calon konsumen dan mengenalkan produk berupa barang atau jasa (sebelumnya tentukan dahulu).

Jangan sampai anda salah target pasar buatlah secara spesifik agar promosi lebih terfokus kepada mereka dan meminimalisir pengeluaran.

Trik Cerdas agar Tidak Tertipu Rekan Bisnis

Jangan karena rekan bisnis kamu adalah seorang sahabat karib lantas percaya 100%, dibawah ini akan kami bahas beberapa poin penting agar tidak tertipu oleh rekan bisnis :

Jalin Hubungan Profesional

Seperti yang pernah dibahas sebelumnya jangan memberikan kepercayaan mutlak kepada rekan bisnis kamu walaupun hubungannya bisa terbilang sangat dekat.

Bisnis ya bisnis tidak boleh dicampur adukan dengan urusan pribadi, tentukan visi dan misi kedepannya serta transparansi anggaran yang akan digunakan.

Bangun Organisasi

Tentukan siapa yang menjadi pemimpin atau ceo, bagaimana pembagian porsi pekerjaan, apa hak dan kewajiban, lalu pembagian profit usaha.

Setiap melakukan meeting bukalah data agar sama-sama tahu dan bila ada kendala langsung dicarikan solusinya.

Berlandaskan Hukum

Perjanjian hitam diatas putih, tempat usaha juga harus sifatnya legal agar orang semakin percaya dengan segala penawaran yang diberikan.

Buatlah perjanjian tersebut seadil-adilnya dan disetujui oleh kedua belah pihak, bila salah pihak melanggar peraturan maka wajib bertanggungjawab jauhi perasaan tak enakan.

Lakukan Evaluasi

Trik cerdas agar tidak tertipu rekan bisnis yang terakhir adalah proses evaluasi bisa dilakukan mingguan, bulanan atau tiap 2 bulanan sesuai kesepakatan kamu dan rekan bisnis.

Fungsi evaluasi adalah untuk memantau kejanggalan bisnis, mencari solusi, memperbaiki kekurangan dan meningkatnya lagi agar bisnis dapat langgeng.

Bagaimana Saya Bisa Mendapatkan Modal Bisnis?

Pertama. Pinjam kepada saudara, tetangga atau saudara terdekat  katakan maksud dan tujuan yang sebenarnya agar mereka bisa memahaminya. Tapi kalau kamu merasa sungkan ada acara lain yang bisa dilakukan.

Kedua. Menjual barang yang mempunyai nilai tinggi ini masih 50:50 terjual cepat karena calon pembeli belum tentu mempunyai duit saat itu dan barang yang dijual ada kemungkinan tidak dibutuhkan.

Ketiga. Mengajukan pinjaman dana tunai yang disesuaikan dengan jaminan nasabah, sebelumnya tentukan anggaran yang dibutuhkan agar uang tersebut lebih efektif digunakan.  

Bicarakan dengan rekan bisnis secara transparan kalian bisa memilih gadai BPKB mobil, motor atau surat hak milik tentunya nominalnya sangat besar bisa mencapai milyaran rupiah.

Apa yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membangun Bisnis?

Agar tidak salah langkah ini adalah hal-hal yang hukumnya wajib dilakukan sebelum membangun bisnis :

Pemilihan Jenis Usaha yang Tepat

Poin pertama ini amat penting menentukan jenis usaha apa yang ingin dijalani agar semuanya lebih terfokus dan segala persiapan matang. Tanpa analisa yang mendalam semua hanya berjalan sia-sia dan membuang-buang waktu.

Nama dan Logo Juga Harus Tepat

Nama dan logo sangat berpengaruh agar calon pengunjung kalian mudah mengingatnya untuk itu buatlah nama plus logo seunik mungkin.

Perlunya branding secara intens agar calon pengunjung tertarik, mencoba produk atau jasa anda, hingga memberitahukan kepada teman-temannya.

Memilih Mitra dan Partner yang Dapat Dipercaya

Tadi sempat dibahas mengenai trik cerdas agar tidak tertipu rekan bisnis pastikan sejak awal kalian memang sudah 1 pemikiran dan saling tahu kepribadian satu sama lain.

Jadilah Unik

Keunikan merupakan kunci bisnis, para target pasar kamu pasti akan melihat sisi lain dari usaha yang kalian bangun dibandingkan kompetitor. Unik dalam pelayanan, packaging, makanan, produk, tempat dan lain-lain.

Pemilihan Lokasi

Pilihlah tempat usaha yang strategis agar mudah dijangkau oleh para pengunjung, tempat parkir yang luas dan jaraknya tidak jauh dari tempat usaha anda juga merupakan faktor penting.

Penghitungan Modal Usaha

Tujuannya untuk mentukan harga jual, jangan sampai pengeluaran lebih besar daripada pendapatan jatuhnya malah rugi kalau di diamkan terlalu lama justru membuat bisnis bertahan sebentar.

Ditengah Krisis Seperti Ini Bagaimana Pengusaha Mengakali Bisnisnya?

Segala cara dilakukan oleh para pengusaha untuk mempertahankan para tenaga kerjanya mulai dari pemotongan gaji, pemberian thr yang tertunda sampai, merumahkan sementara jika dirasa langkah-langkah tersebut masih kurang efektif mau tidak mau harus mengambil tindakan pemutusan hubungan kerja.

Agar bisnis berjalan langgeng walaupun tidak menghasilkan cuan seperti biasa kamu sebagai calon pengusaha harus pintar mencari peluang.

Misalnya, membuat masker kain dengan memberdayakan para karyawan buatlah masker simple atau mengakali dengan setiap pembelian minimal xxx berhak mendapatkan masker gratis.

Beberapa orang ada yang merasa kurang produktif selama berada dirumah jadi manfaatkan tenaga mereka.

Mari kita lanjut membahas bagaimana pengusaha atau perusahaan mengakali bisnisnya ditengah krisis ekonomi ini, antara lain :

Cash Management

Kunci utama perusahaan terletak pada pengaturan kas, perusahaan wajib mengamankan kas di tengah krisis ekonomi.

Tindakan lain yang perlu dilakukan adalah memperpanjang pembayaran kreditor, negoisasi penangguhan pembayaran sewa serta keringanan pembayaran pajak.

Contingency Planning

Menentukan strategi darurat apa yang harus diambil aman untuk bisnis ke depannya, karyawan-karyawan juga harus dipastikan mendukung bisnis tetapi berjalan melalui work from home.

Perhatikan Karyawan

Demi efisiensi bisnis anda harus memahami profil karyawan hal ini untuk menentukan apakah karyawan di PHK atau hanya merumahkan sementara.

Terapkan Komunikasi Intens dengan Pengunjung

Manfaatkan sosial media untuk berinteraksi dengan mereka agar mereka juga tetap menggunakan produk barang atau jasa perusahaan. Buatlah quiz untuk mendapatkan respon mereka atau kadang berikan reward.

Butuh modal usaha tambahan untuk mengembangkan bisnis anda? Hubungi kami segera di nomor yang tertera!

Artikel Terbaru

Ada Pertanyaan?

Staff terbaik kami akan membantu anda.